Selain
suatu hasil keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam
kelas ialah menggunakan media pembelajaran sebab kegiatan beajar mengajar pada
hakekatnya adalah komunikasi, dalam proses komunikasi ini guru berperan sebagai
komunikator yang akan menyampaikan pesan kepada siswa, agar pesan itu dapat
diterima dengan baik oleh siswa, maka perlu suatu alat yaitu media
pembelajaran.
Pengetahuan dan pemahaman tentang
media pendidikan harus dimiliki oleh seorang guru. Dr. Oemar Hamalk (1989),
mengemukakan bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan teknik yang
digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara
guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.
Berdasarkan paparan di atas,
penulis merasa perlu untuk membuat suatu proses perbaikan pembelajaran melalui
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam hal ini tentang pengerjaan hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran Matematika bagi
siswa Kelas V SD Negeri 18 Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten
Kapuas Hulu. Pada pembelajaran Matematika tentang konsep pengerjaan hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah menunjukkan hasil belajar siswa masih
rendah dan tingkat penguasaan materi bervariatif di bawah 50%.
Berdasarkan latar belakang
tersebut penulis merasa perlu untuk mengadakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) tentang pengerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan
masalah dalam memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB pada
mata pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 18 Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau
Utara, Kabupaten Kapuas Hulu.
silahkan klik di sini
0 komentar:
Post a Comment