Searching...
Tuesday, April 29, 2014

Materi Kurikulum Bahan Belajar TK Pertemuan I

HAKIKAT DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 
Model Organisasi Pengembangan Kurikulum
 UNTUK MENGAMBIL MATERI DAPAT KLIK DI SINI

 
1.Model kurikulum terpisah (Separated subject curiculum) à terpisah antar mata pelajaran
2.Model kurikulum terkait (Correlated curriculum) à melihat kaitan antara beberapa mata pelajaran lalu digabung menjadi 1 bidang
3.Model terpadu (integrated curiculum) à meniadakan batas2 mata pelajaran dan menyajikannay dlm bentuk unit atau keseluruhan
 Klasifikasi Kurikulum
 
qfungsi kurikulum sebagai proses kognitif (kemampuan intelektual)
qfungsi kurikulum sebagi proses aktualisasi diri (tumbuh kembang sesuai potensi, minat, dan bakat)
qfungsi kurikulum sebagai rekontrusi sosial (menjadi anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yg sudah ada)
qfungsi kurikulum sebagai program akademik (tempat belajar)
 
UU NO 20 TAHUN 2003 PASAL 3
PENDIDIKAN NASIONAL BERFUNGSI  MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DAN MEMBENTUK WATAK SERTA PERADABAN BANGSA YANG BERMARTABAT DALAM RANGKA MENCERDASKAN KEHIDUPAN  BANGSA, BETUJUAN UNTUK BERKEMBANGNYA POTENSI PESERTA DIDIK AGAR MENJADI MANUSIA YANG BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA,BERAKHLAK MULIA, SEHAT, BERILMU, CAKAP, KREATIF, MANDIRI, DAN MENJADI WARGA NEGARA YANG DEMOKRATIS SERTA BERTANGGUG JAW
 

0 komentar:

Post a Comment

 
Back to top!