Landasan Pengembangan Kurikulum
A. Landasan Filosos landasan yang merupakan hasil pemikiran yang mendalam, analitis dan komprehensif. Meliputi: tujuan, sasaran, strategi dan evaluasi pendidikan. - John Dewey: pendidikan adalah “drawing out” - Marthin Luther: Tujuan utama pendidikan adalah mengajarkan agama - Rousseau: pendidikan terbaik dilakukan secara alamiah kembali ke alamFungsi Filsafat dalam pengembangan kurikulum- menentukan arah pendidikan- menggambarkan hasil yang dicapai- menentukan arah dan proses mencapai tujuan- memberi kesatuan yang bulat untuk mencapai tujua
Landasan Pengembangan KurikulumB. Landasan Psikologis Acuan untuk memilih dan menentukan apa dan bagaimana mengembangkan perilaku manusia dan kurikulum harus memfasilitasi tumbuh kembang potensi anak didik.Rousseau: Sejak lahir anak membawa potensi untuk bekembang, belajar melalui pengalaman langsung dan secara alamiah John Locke: anak=kertas putih interaksi dengan lingkunganWilliam Stern& Havighurst: perkembangan dipengaruhi oleh potensi dan interaksi lingkungan
silahkan donlod materi kurikulum bahan belajar tk modul 1 klik disini
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment